Thursday, March 07, 2013

Tangan Kiri Jangan Sampai Tau

Kalau sedekah dengan tangan kanan, tangan kiri jangan sampai tahu.

Saya gak tau itu dari hadist, atau cuma ujaran bijak saja. Logis saja, supaya menghindari riya', alias keinginan ingin dipuji, yang berarti tidak ikhlas, dan ga bener dong niatnya. Jadi, kalau berbuat baik sama orang lain, mending diem-diem aja, supaya tetap ikhlas.

Cuma sebenarnya ada implikasi sosial yang bagus kalau sedekah diam-diam. Ilustrasinya begini. 

Ada orang kaya yang terkenal keluarganya sangat dermawan. Dia juga sangat ikhlas. Ga pernah menolak orang lain, terkenal ringan tangan, suka membantu, dan bukan dengan untuk riya', tapi ya memang suka bantu aja. Karena ikhlas & sedekahnya itu konsisten, sepanjang hayat dia, reputasi sebagai orang ringan tangan pun terbangun. 

Nah, dengan reputasi seperti itu, mulai banyak tamu-tamu dari jauh yang datang ke rumah dan kantornya. Ceritanya beragam dan ajaib. Ada yang bilang bangkrut usahanya sementara ia punya anak istri. Ada yang bilang bantu pesantren di desa bojongkenyot (nama imajiner yag ternyata ada di Jawa Barat). Pembangunan masjid di madura, padahal keluarga dermawan ini tinggal di Jakarta. Mantan napi yang ingin tobat. Kadang-kadang cerita napi tobat ini dibumbui kisah kejahatannya: dia abis membunuh satu keluarga tapi dapat hidayah di penjara. Ada residivis minta sumbangan terus ngaku dia mantan pembunuh satu keluarga - hebat kalau misalnya anda bisa nolak dia. 

Karena keluarga dia baik, ya dia kasih aja. Karena dikasih, tiap tahun, atau tiap bulan, secara periodik peminta sumbangan itu datang lagi. Basically free lunch buat mereka. Modal ongkos doang, tapi dapat regular income. Mengenai bener atau nggak tujuan sumbangannya, ga ada yang tau. Ga mungkin juga untuk keluarga dermawan itu untuk menginvestigasi atau memonitor sumbangannya.

So, problemnya adalah moral hazard: "The risk that a party to a transaction has not entered into the contract in good faith, has provided misleading information about its assets, liabilities or credit capacity, or has an incentive to take unusual risks in a desperate attempt to earn a profit before the contract settles"  http://www.investopedia.com/terms/m/moralhazard.asp#ixzz2MprEM3bZ

Nggak sepenuhnya tepat sih, tapi mirip. Moral hazard paling enak diterjemahkan di bahasa Indonesia dengan kata aji mumpungisme. Mumpung masih bisa dikasih, minta terus aja sama keluarga dermawan itu. 

Nah, problem potensi moral hazard ini yang sebenarnya sejak awal dimitigasi dengan anjuran agar kalau berbuat baik kepada orang lain itu diam-diam. Kalau nggak ada yang tau kita ngasih, ga ada reputasi, ga terkenal, ga potensial dimanfaatkan orang lain para rent seeker. Selain memurnikan niat, implikasi sosial yang potensial meribetkan seperti moral hazard ini juga dihindari dengan sedekah diam-diam.

Untuk yang satu ini, logis sekali memang anjuran agama. Lebih baik tetap menulis "Hamba Allah" dalam sumbangan. Atau ga usah rame-rame lah :). Yang nyumbang kan personal, bukan partai yang nyumbang kan, hihihi...

2 comments:

  1. Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modalyang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    Materi inti :
    ~ Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    ~ Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    ~ Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    ~ Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    SMS Center: 085781037499
    Telpon & HP : 081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanhut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & dan calon mitra bisa langsung diskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    ReplyDelete
  2. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan https://www.facebook.com/pages/Benua-poker/683720458370743?fref=ts
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20%+20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    ReplyDelete