Friday, July 20, 2012

Akhirnya Ke Dokter

Akhirnya premi asuransi saya yang dibayar setiap 3 bulan sekali itu kepake juga. Tadi pagi saya ke dokter umum (huisart kalau di boso londo), terus ngambil obatnya di apotik.

Janjiannya jam 8:40 pagi. Ternyata telat, pas saya dateng udah ada yang nunggu dan dia dijadwalin jam 8:30. Masuk ke ruang dokter sekitar jam 8:55. Ditanya biodata. Terus mau ke apotik mana. terus ditanya riwayat kesehatan yg penting-penting (pernah sakit berata atau kagak, ada masalah dgn pencernaan, dll).

Abis itu baru ditanya apa keluhannya. Saya bilang sakit di gusi. Dia liat, terus katanya ada semacam infeksi karena gigi yg mau tumbuh ga dapet tempat. Harus ke dentist, kata dia. Sementara itu, buat infeksinya dikasih antibiotik. Ibuprofen buat painkiller. Udah.

Abis itu saya bilang lagi tentang keluhan kulit di bawah bibir. Dikasih krim aja dan kita liat dulu beberapa hari berikutnya.

Berasa rugi, saya konsul lagi tentang masalah leher yg pegel-pegel. Eh terus dia bilang biasanya disini sekali praktek 10 menit, dan bahas satu8 complaint. Boleh lah beberapa tapi minor. Kalau mau ya bikin appointment lagi aja. Nguik. Strict banget. Tapi ya ga pa-pa ga terlalu mengganggu juga.

Terus dia jelasin obatnya. Bisa ambil di apotek ini ya (deket rumah). Saya nunggu resep. Eh ternyata gak pake resep tulisan tangan, wehehehe jadi malyu aku. Norak banget. Resepnya langsung dikirim ke apotik.

Abis itu saya ke apotiknya, kira2 10 menit abis dari dokter. Resepnya udah dateng. Saya tinggal daftar, terus dijelasin tentang gimana mengkonsumsi obatnya.10 menit lagi nunggu, obat udah bisa diambil.

Wow almost no hassle. Ribet diawal aja harus bikin appointment segala, tapi kalau dipikir-pikir lagi malah bagus soalnya semuanya jadi teratur. Jam 10 saya udah bisa ngantor.

Biayanya? 49.90 euro buat dokter. Mahal? ga tau ga ada standar pembanding. Dibanding di Indonesia buat general practicioner jelas lebih mahal. Buat obat? 3 jenis obat full package untuk 29.90 Euro. Murah, imho, perasaan saya kalau nebus obat di indonesia juga 300-400-an bahkan untuk sakit standar di medistra.

Abis itu isi reimbursement form, kirim via email ke asuransi. Ini asuransi elajar sih, jadi reimbursement basis. kalauyg kerja disini nggak perlu bayar dulu.

Pantesan benchmark healtcare reform-nya Amrik ke negara-negara western & northern europe. Sistem kesehatannya yah lumayan berjalan :)

Dan pantes-pantes aja lah kalau pemerintah belanda naekin usia pensiun sampe 67 tahun, hihihi...

No comments:

Post a Comment