Saturday, October 27, 2007

Terkena Bonoisasi?

Ada artikel menarik dari kolom opini kompas hari ini 27 Oktober 2007, dari Baskara T. Wardaya. Saya copy-paste saja kutipannya:

Naomi Klein menyodorkan sebuah kemungkinan jawaban. Ia melihat, pada satu sisi demo-demo perlawanan kini telah dibuat lebih global oleh para selebriti rock and roll, dengan pelopornya penyanyi Bono dari kelompok musik U2. Bono dan kawan-kawan telah membuat banyak kaum muda sadar akan persoalan dunia. Berkat mereka kesadaran kaum muda akan adanya ketidakadilan global kian meningkat. Ratusan ribu kaum muda hadir dalam konser-konser amal yang mereka gelar dengan tema antikemiskinan, antipemanasan global, pembebasan dari utang, dan lain-lain.

Meski demikian, konon konser-konser itu membuat banyak penggemarnya kurang terdorong mencari solusi konkret. Mereka suka "terharu" akan berbagai penderitaan dunia, tetapi tidak berminat membongkar sistem dan struktur penyebabnya.

Muncul gejala menarik. Di satu sisi kian banyak kaum muda peduli penderitaan dunia, di sisi lain banyak yang sudah puas hanya dengan merasa tersentuh akan penderitaan itu. Oleh Klein gejala itu disebut sebagai Bonoisasi (Klein: 2007).

Menurutnya, berkat inisiatif mulia yang dipelopori Bono dan kawan-kawan, kini banyak kaum muda lebih suka pergi ke lokasi-lokasi konser untuk "melawan kemiskinan" atau ke mal dan membeli gelang warna-warni bertuliskan "Anti-Globalisasi" daripada turun ke jalan menuntut tata ekonomi dunia yang lebih adil. Klein mengamati, belakangan banyak kaum muda lebih suka melampiaskan semangat aktivisme politiknya melalui fasilitas blogspot di internet. Lokasi konser, mal, dan internet tentu lebih nyaman sebagai tempat "perlawanan", tetapi perlawanan macam itu apakah mampu mengubah struktur ketidakadilan? Perlu dipertanyakan.

Saya memakai blogger (blogspot), bukan wordpress atau penyedia layanan weblog gratisan lain. Jelas saya kena bonoisasi, he33x.

Ini pengingat yang baik, dan pengisi kekosongan tulisan bulan ini.



7 comments:

  1. hmm, mengisi kekosongan sebelum hijrah ky??

    oiya,met milad ya.. barakallah.
    semoga tambah dewasa, dan target tahun depan tercapai,amin.

    :)

    -29 okt 07-

    ReplyDelete
  2. Lucky milad? selamat atuh udah ngurangin jatah hidupnya...:p

    Barakallah...

    Tapi, emangnya bono ngeblog kitu?

    ReplyDelete
  3. met ultah ye...jadilah keladi!!!

    btw, ni posting gw jadiin inspirasi buat posting gw yak....

    ReplyDelete
  4. Harusnya nggak terbatas pada blogspot saja ya, melainkan semua engine blog.

    Btw Luck, sinis betul sih? Hehe.

    ReplyDelete
  5. makasih bos trian...dan, Aamiin *tangan ke atas dan suara keras

    makasih kang donny. Saya gak tau bono ngeblog atau ngga, cuma dia sial aja namanya dinisbatkan ke segala jenis aktivisme yang 'ngepop'...

    Ul, bagus doanya. jadilah keladi! baru denger gw...ostingnya gw baca yak.

    Sinis dimananya kram? *pura-pura gak tau

    ReplyDelete
  6. " Meski demikian, konon konser-konser itu membuat banyak penggemarnya kurang terdorong mencari solusi konkret. Mereka suka "terharu" akan berbagai penderitaan dunia, tetapi tidak berminat membongkar sistem dan struktur penyebabnya..."

    *lebih baik daripada tidak sama sekali.tapi lebih baik lagi empati.

    * met milad Luk..selamat menghabiskan usianya dengan lebih baik.

    ReplyDelete
  7. asti 'yang itu'2:56 PM

    Gak ada salahnya sih, Luk, menjadi partisipan gerakan menghadapi globalisasi dengan 'hanya' menjadi penonton konser, membeli gelang bertuliskan 'anti-globalisasi', menulis di blogspot, atau bahkan hanya berdoa dalam hati. Yang penting kepeduliannya. Sekarang globalisasi (dan kapitalisme global) udah jadi semacam budaya sih, ya. Udah bukan sekedar -isme-isme-an biasa. Jadi buat menghadapinya (saya lebih suka pake 'menghadapi' daripada pake 'melawan', karena susah juga melawan sesuatu yang udah jadi budaya), memang perlu dari yang kecil dulu. Diri sendiri, lalu orang-orang di sekitar kita.

    Niweis, gimana sih caranya bisa selalu dapet inspirasi bagus buat nulis di blog *grin*?

    ReplyDelete