Saturday, October 06, 2007

Ketika Boyband Masih Berjaya

Saya gak tahu kapan pertama kali boyband ada. Boyband modern, seingat saya, sangat ngehit sekitar tahun 90-an awal. Waktu itu, saya ingat kakak perempuan saya ngefans banget dengan Jonathan Knight, saudara dari Jordan Knight. Keduanya personil dari New Kids On The Block, belakangan sering disingkat NKOTB. Personil lainnya ialah Joe Mcintyre, Donny Wahlberg, dan Danny something (sorry ga inget). Hitsnya terutama lagu-lagu mellow atau yang ngedance. Dulu, di TPI jam setengah delapan sampe ada kartunnya, yang isinya nothing kecuali cerita bahwa personil NKOTB ini dikejer-kejer ama cewek-cewek.

Sekarang nggak kedengeran lagi kabar mereka. Mark, adik Donny Wahlberg, malah lebih eksis sebagai bintang film. Joe sempat bikin solo. Yang lain udah pada jadi bapak-bapak kali.

Waktu saya SMP, saya juga inget saya sampe bela-belain beli kaset (waktu itu masih zamannya kaset...) Backstreet Boys. Saya nggak ngefans-ngefans banget sih, tapi lagunya emang ringan dan earcatching koq (aduh malu ngakunya...he33x). Saya juga sempat beli Boyzone, yang ada lagu Words-nya itu lho...

Ih, banci lo! Biarin! Namanya juga masih muda, banyak membuat kesalahan = p. Dan saya juga gak ngerasa less masculin dengan dengerin boyband. Lagian perasaan saat itu semua temen saya juga suka. Teman SMP saya yang kemudian berjumpa lagi di TI malah lebih ngefans. Dia sempet punya kaset Code Red (ada yang inget boyband ini?), dan satu boyband lagi yang saya lupa namanya, yang video klipnya itu settingnya perang vietnam (yeah right, boyband di perang Vietnam! Green Day aja kalah!), dan salah satu personilnya naksir gadis lokal sana yang seinget saya cakep banget = p. Saya gak punya, dan saya pinjem ke dia...he33x, segitunya yak?

Awal 2000-an era boyband akhirnya surut (biarpun sekarang ada aja segerombolan pemuda yang ketinggalan jaman dan belagak boyband...hareeeee gineeeeee???). Kata yang sinis, boyband sekarang diganti ama pemuda-pemuda ’manis’ yang nyanyiin lagu sweet pop atau punk pop. Beberapa personil boyband di akhir masa jayanya bernasib mengenaskan. Selain gendut, jenggotan (tapi untungnya, gak khotbah...=p ), ada yang kecanduan alkohol, mengaku dirinya gay, dan serta merta menghancurkan ribuan pemuja wanitanya (dan sayangnya juga, segmen pendengar lain, para gay, tidak berubah jadi ngefans ama nih personil boyband. Poor him...). Ada juga yang akhirnya ngaku poligami! Hah? Oh sorry, yang itu bukan personil boyband ya? = p.

Mode narsis: ON

Tetapi di TI 2002, sisa kejayaan boyband itu masih ada. Ini contoh aksinya. (siap-siap kantong buat muntah).

Ini boyband pertama yang terpotret. Dipilih lewat kontes yang mirip boyband idol, atau apalahitunamanya. Ini salah satu personilnya sedang dengan tak tahu malu berkicau. Maksudnya, sedang show.

Boyband yang berisi trio itu sangat tidak nyaman. Bayangkan, atensi fans-fans mereka hanya terbagi untuk tiga orang! Wow. Terus terang, mereka rasa itu sangat berat. Akhirnya mereka bubar.

Tetapi personil yang satu itu memutuskan bergabung dengan boyband lain, sehingga ada lima personil. Secara ekonomis, itu pilihan cerdas. Beban tampil terbagi lima, pangsa pasar yang diambil makin banyak (karena personilnya makin banyak dan beragam), dan terutama, atensi dan kegilaan para fans pun terbagi lima juga. Ini fotonya, dengan pose standar boyband.

Zaman berubah, era boyband surut. Begitu juga boyband di TI 2002. Para personilnya menempuh jalan masing-masing, dan semua mengaku kapok berada lagi di dunia showbiz.

Mode narsis: OFF

Sebenernya kemaren ada buka bareng a la seleb (dicoret soalnya ntar yang bikin pundung = p) TI 2002 yang penuh hikmah dan kenangan, terus diliatin juga foto-foto kenangan jaman dulu.

Dan harus saya akui, foto-foto diatas adalah yang terbaik (mode narsis: gagal di-OFF! = p).

Mode narsis: really OFF

Aduh, saya rindu banget masa-masa itu...

NB: this blog is getting personal again!

NB lagi: sebenernya sih ngisi kekosongan postingan aja sih (gile, bulan ini tanpa postingan berarti!)…hehehe, ketauan deh motifnya. Tulisan yang benernya ntar deh (kalo ada dan kalo niat).

10 comments:

  1. bos, masalah boy band aku ga komen
    hahaa

    aku misi ambil fotonya yg b3 ama adit (ga misi sih, soalnya fotonya dah diambil baru isi komen ini)

    hahahhaa

    DANLAP never die ! :))

    ReplyDelete
  2. LUKI!!! echa ga pundung kok,,tp sebel aja kmrn :P

    Btw, sumpah..narsis bgt!!Tp kynya ga cuma ke danlap deh atensi fans2 terbagi, ke korlap juga dong..-huehehe ga mo kalah narsis-

    Well, at least blog nya luki msh SO MUCH BETTER di banding blog gw yg makin terlupakan, tak terurus, cuma ganti2 template doang, tapi (tetep) ga nambah tulisan :D

    Udah ah, ditunggu tulisan2 bermutunya lagi -mode penggemar berat blognya luki on- :P

    ReplyDelete
  3. wakakaka...

    Jadi ceritanya anggota boyband nih cky?

    Kayaknya bukan narsis deh, tapi hasrat terpendam yang tak tersalurkan. he..he..he.

    ReplyDelete
  4. halo ki...
    gw baru baca blog lu langsung kontak raja...ternyata die nglakuin hal yang sama dengan yang gw lakuin...
    hapunten nyomot foto nye heheheh
    gile...kangen gw neh (padahal baru nongkrong bareng di cirebon wiken maren bareng dedi)
    kumpul lagi yu....biar si raja refreshing so kaga berdarah darah di perusahaan yang nyari world class people yang jam kerjanya ampe sabtu ampe jam 12 malem..hehehhe CMIIW..

    --ikutan echa jadi fans berat blog nya lucky--hehehehe

    ReplyDelete
  5. Akhirnya ada tulisan baru.. Abis sibuk ya Luck?

    ReplyDelete
  6. @ raja: foto nya bukan punya gw kok ja...hehehe. ga tau juga punya siapa. ambil aja.
    @ etchaa: pundung ma sebel beda yak? hehehe..
    @ igun: someday, akan tersalurkan gun! :D
    @ adit-bram: boleh. Abis lebaran? si Raja 'sibuk' sih sekarang..."hari ini kita bekerja lebih baik!" hehehe, jadi inget setaun lalu...
    @ ikram: sibuk? gw? males aja kali kram :)

    ReplyDelete
  7. ughhhhh....

    maaf yah, bukan salah satu fans boyband-nya lucky.. hehehe..

    ogah banget deh..
    HUakhahaha...

    ReplyDelete
  8. Huahaha...*guling2* aya-aya wae didinya mah, tapi itu yang foto ber-5...aaaaaaaaaa
    hihihi...:p

    ReplyDelete
  9. Alamakjan...(catatan si boy banget..heheee) itu poto yang berlima. Hiehhhhhh...

    ReplyDelete
  10. .... "dan satu boyband lagi yang saya lupa namanya, yang video klipnya itu settingnya perang vietnam (yeah right, boyband di perang Vietnam! Green Day aja kalah!), dan salah satu personilnya naksir gadis lokal sana yang seinget saya cakep banget = p. Saya gak punya, dan saya pinjem ke dia...he33x, segitunya yak? ...." #mungkin caught in the act judulnya Babe

    ReplyDelete