Monday, April 03, 2006

Religions in Civilizations

Judulnya berat. Peranan agama dalam peradaban kita? Perkembangannya dalam peradaban kita? Wuih!

Nggak kok. Ini cuma religions in Civilizations IV, game favorit saya. Maunya itu game sih mengisahkan perjalanan peradaban manusia, mulai dari 4000 BC, sampai 2050 (CMIIW). Dari mulai bentuk kota sederhana dengan kemampuan teknologi kayak farming dan mining, sampai perlombaan membuat koloni di luar angkasa. Seluruh unsur-unsur sebuah peradaban: teknologi, budaya, kota-kota, great person (great prophet, great merchant, great scientist), bangunan-bangunan wonders of the world (Pyramid, Sistine Chapel, Hanging Gardens,dll), termasuk perang-perangnya, dan tokoh-tokoh pemimpin peradaban masing-masing: Saladin (Arab, di Civ sebelumnya sih Caliph Umar ), Louis XIV dan Napoleon (France, di Civilization sebelumnya biasanya sih Joan of Arc, tapi kok diganti ya?), Julius Caesar (Romans), Gandhi (India), Montezuma (Zulu), Lincoln (America), dan lain-lain.

Termasuk juga unsur yang penting buat peradaban: agama. Ini menurut yang tertulis di game-nya ya…Mereka (game developer) sepertinya agak ngeri dengan maraknya fundamentalisme agama sekarang, soalnya kata mereka: agama adalah elemen penting dari peradaban, dan kami sadari ada orang-orang yang sangat fanatik dengan agamanya, and so on and so on, tapi kami disini akan adil terhadap semua agama (dalam peranannya di game, jadi civilization anda beragama Islam atau Buddha atau apapun akan sama aja). Game ini hanya mengakomodir 7 agama besar, dengan urutan yang bisa diresearch (urutan waktu) sebagai berikut: hindu, buddha, konghucu, tao, yahudi, kristen, dan islam. Kenapa hanya 7? Kata game developer sih: ini jumlah optimal yang bisa enak dimaenkan (playable) di game.

Yang menarik ialah urutannya. Kayaknya sih emang menurut urutan waktu kemunculannya. Hindu dan buddha adalah agama dari zaman dulu, before christ. Lalu berlanjut agama lain. Gw inget, kalo anda maen terus meriset divine right (riset untuk menemukan agama terakhir), yang pertama mencapainya menemukan Islam. Kalau meriset philosophy, anda mendapat Tao. Setiap agama akan membawa keuntungan buat civilization yang anda mainkan. Kota-kota dalam civilization anda akan happy penduduknya kalo ada agama yang berkembang disana.

Yang lebih menarik lagi, kalo anda terus maen, terus riset, dan sampai ke riset “Liberalism”, anda akan mendapat…free religion. Nah, kalo civilization anda diconvert menjadi free religion ini, seluruh kota dalam peradaban anda, baik yang ada atau tiada agamanya, akan happy! Hehehe, aneh juga ini game. “Adil” dan menyamakan efek semua agama, tapi melebihkan “agama” free religion di atas semua agama lain!

Bener-bener Barat.
Tapi maennya asyik kok…;-p

1 comment:

  1. adhy lagi8:59 PM

    oi, pinjem dong cd-nya..
    daripada gw beli bajakan dosa, mending minjem.minjem kan gak dilarang agama.

    ReplyDelete